Tazkiyatun Nafs - Khasanah Islam
Headlines News :
Home » » Tazkiyatun Nafs

Tazkiyatun Nafs

Written By munasik on Selasa, 07 Agustus 2012 | 00.49

Judul : Tazkiyatun Nafs
Penulis : Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
Penerbit : Darus Sunnah Press
Cetakan : Ketiga, Desember 2010
Ukuran : 24,5 × 16 cm
Tebal : 485 hlm
Berat : 710 gr
ISBN : 978-979-3772-88-2


Tubuh manusia terdiri dari dua unsur: raga dan jiwa, dimana tidak hanya raga saja yang membutuhkan pemenuhan kebutuhannya, namun jiwa juga membutuhkan santapan dan nutrisi. Jika kebutuhan raga berupa makanan dan minuman, maka kebutuhan jiwa adalah amalan-amalan hati yang dapat menyegarkan jiwa.
Buku bermutu ini merupakan kumpulan dari berbagai tulisan Syaikhul Islam Ahmad bin Halim Ibnu Taimiyah dalam beberapa kitab beliau yang memuat perihal akhlak karimah. Kitab-kitab tersebut diantaranya Majmu’ Fatawa Al-Imam Ibnu Taimiyah, Kitab Al-Istiqamah, dan Kitab Risalah fi Al-Ghibah.
Pada bagian awal buku, pentahqiq menggambarkan biografi Ibnu Taimiyah mulai dari masa kecil beliau, guru-guru dan murid-murid beliau, pendapat fiqih dan manhaj beliau serta karya-karya ilmiah yang telah beliau hasilkan.
Kemudian bab pertama buku ini membahas masalah Ikhlas dan Niat. Dalam bab ini dijelaskan secara terperinci definisi niat, dalil-dalil yang berkaitan dengannya. Dijelaskan pula bahwa tempat niat di dalam hati, serta pendapat para ulama dalam hal melafadzkan niat.
Bab-bab lain yang diulas dalam buku ini adalah Takwa, Amar Ma’ruf dan Nahi Mungkar, Malu, Tazkiyyah An-Nafs, Mulia dan Dermawan, Taubat, Melawan Hawa Nafsu, Pujian dan Syukur, Jujur, Sabar, Iffah (Menjaga diri dari yang haram), Rasa Cemburu, Doa, Mencela Kedzaliman, Al-Khasy-yah (Takut), At-Tadzkir (Memberi Peringatan), Mencela Sifat Bakhil dan Penakut, Husnuzh-zhan (Baik Sangka), Ghibah (Menggunjing), Tawadhu (Rendah Hati), Bertawakkal Kepada Allah, Hasad, Hijrah Kepada Allah dan RasulNya, Berbuat Kebaikan, Zuhud, Taat, Ridha.
Semua bab-bab di atas sangat menarik untuk didalami satu persatu, karena banyaknya dalil dari al-Quran disertai ulasannya dan latar belakang turunnya, banyak dalil dari hadits-hadits Nabi disertai dengan takhrijnya, serta banyaknya perkataan para imam salaf untuk menambah kejelasan pemikiran dan keterangannya.
Secara umum buku bersampul hard cover warna biru ini sudah cukup bagus, hanya saja ada sedikit kekurangan yang menurut saya sangat mengganggu: buku yang diterjemahkan oleh M. Rasikh, Lc. dan Muslim Arif, Lc ini tidak mencantumkan nama pentahqiqnya secara jelas, hanya tertulis Team Darus Sunnah sebagai penyuntingnya. Seharusnya ditulis nama-namanya agar lebih menguatkan, karena mereka adalah orang yang mengumpulkan tulisan-tulisan Ibnu Taimiyah menjadi buku ini.
Ala kulli hal, buku ini adalah suatu renungan dan pengingat akan keutamaan akhlak yang mulia dan terpuji yang wajib bagi setiap muslim untuk berpegang teguh padanya, hingga mereka menjadi orang yang dapat merealisasikan agama Allah dan konsisten terhadap syariatNya, agar mereka mendapatkan kemenangan -insya Allah- dengan surgaNya yang penuh nikmat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Khasanah Islam - All Rights Reserved
akhbar islami | Mengabarkan, Menyuarakan